Search

Penyebab Mobil Terbakar Seperti Kasus Lamborghini Raffi Ahmad - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Kebakaran mobil seperti menimpa Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad bisa terjadi pada jenis apapun dan penyebabnya bisa macam-macam. Para ahli otomotif membeberkan beberapa penyebabnya, salah satunya kesalahan modifikasi.

Andre Mulyadi, pendiri rumah modifikasi di Bandung bernama Signal Kustom, menjelaskan, kebakaran mobil bukan cuma mungkin dialami kendaraan bermesin besar tetapi juga yang bermesin kecil. Menurut Andre modifikasi yang sanggup menyulut kebakaran yakni pada area kelistrikan dan mesin.

"Bisa juga modifikasi karena mesinnya besar juga cenderung overheat. Apalagi ada modifikasi," kata Andre dihubungi melalui telepon, Senin (21/10).

Aventador milik Raffi memiliki mesin V12 6.500 cc yang mampu melepas 700 hp hingga mencapai kecepatan maksimal 350 km per jam. Andre menjelaskan mobil kelas supercar ini butuh beberapa perlakuan khusus.

Andre bilang Aventador tidak bisa diajak macet-macetan terlalu lama, mobil ini disebut punya pendingin namun ada batasannya. Dia juga mengatakan memanaskan mesin V12 itu tidak bisa dalam posisi diam atau idle melainkan harus dikendaraai agar radiator mendapat pasokan udara untuk mendinginkan suhu mesin.

"Karena jika tidak (dikendarai), tidak ada angin masuk. Harus ada angin masuk untuk mendinginkan (mesin) mobilnya. Jadi supaya sistem pendinginan mesin lebih sempurna," ungkapnya.

Menurut dia lagi mobil-mobil sejenis Aventador sebetulnya punya teknologi canggih yang dapat memantau semua kinerja sistem kendaraan. Misalnya saat seperti overheat, indikator pada panel meter akan memberi isyarat kepada pengemudi.

"Ya pasti sensor nyala kalau masalah pada temperatur. Malfunction satu saja pasti nyala. Kecuali yang nyetir tidak sadar ya," kata dia.

Andre mengatakan salah satu cara mengantisipasi overheat agar tidak berujung kebakaran yaitu dengan memantau sensor. Jika sensor temperatur menyala, segeralah matikan seluruh sistem kendaraan.

Setelah suhu mesin turun, mobil juga jangan dipaksakan dibawa ke bengkel sendiri. Namun harus digendong menggunakan truk.

Pemilik bengkel Garden Speed, Taqwa Suryowasono, menambahkan beberapa penyebab mesin mobil mengalami panas berlebihan, yakni kebocoran pelumas, kebocoran pendingin, atau pendingin tidak berfungsi.

Menurut dia overheat tidak melulu akar masalah mobil terbakar.

"Jadi ya tidak bisa menyebabkan secara pasti karena setiap kasus bisa disebabkan dari faktor berbeda," kata Taqwa.

Raffi dalam videonya menjelaskan sedang membawa Aventador yang terbakar ke bengkel untuk diperiksa penyebab kebakarannya. Dia juga mengungkap kemungkinan ada yang berusaha menjailinya.

"Ya ntah bensin, atau ban yang mudah terbakar karena itu karbon. Entah dijahilin. Yasudah nanti tunggu hasilnya saja," kata Raffi.

Sebelumnya pihak kepolisian menjelaskan Aventador terbakar di di Jalan Raya Sudirman, Sentul City, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, pada sekitar pukul 15.00 WIB. Artis Raffi Ahmad telah mengakui Aventador berwarna hitam itu merupakan mobil miliknya dan sudah menjelaskan kronologinya melalui video.

"Kronologi kendaraan dipakai muter-muter, kepanasan, kemudian terbakar sekitar jam tiga sore," kata Fadli yang menjelaskan versi polisi.

Kepolisian sempat memberhentikan mobil tangki air yang sedang melintas di jalan tersebut untuk membantu memadamkan api.

Pihak Raffi Ahmad yang dihubungi CNNIndonesia.com untuk dimintai komentar hingga saat ini belum merespons. (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
October 21, 2019 at 05:26PM
https://ift.tt/2o3HjBA

Penyebab Mobil Terbakar Seperti Kasus Lamborghini Raffi Ahmad - CNN Indonesia
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyebab Mobil Terbakar Seperti Kasus Lamborghini Raffi Ahmad - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.