Search

Ekonomi Lesu, Penjualan Mobil Toyota Diperkirakan Turun 6% - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kondisi kelesuan ekonomi global yang berimbas pada pasar domestik berdampak pada pasar mobil di Indonesia. Pemain utama sekaligus pemimpin pasar otomotif Indonesia, Toyota juga kena imbasnya.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, mengatakan penjualan kendaraan Toyota diprediksi akan turun 6% pada 2019 dibanding tahun sebelumnya. 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mencatat Toyota masih memegang pangsa pasar terbesar, dengan penjualan pada 2018 mencapai 353.471 unit, pada 2017 sempat mencapai 372.614 unit.


Anton menuturkan, secara umum penjualan mobil di Indonesia pada tahun ini memang mengalami penurunan mencapai 11%. Total penjualan mobil diproyeksikan hanya sekitar 1 juta unit. Pada 2018 sempat mencapai 1.151.413 unit mobil.

Meski dalam tren penurunan, segmen SUV Toyota mengalami kenaikan sebesar 4,7%. Anton menjelaskan kontribusi ini disumbangkan oleh All New Rush.

"Tahun ini [kenaikan] tidak bisa sama seperti tahun lalu, Oktober penurunan sekitar 10%," kata Anton di menara Astra, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Anton mengaku sudah mengevaluasi tren penurunan tersebut. Ada 2 faktor penyebab, antara lain faktor Pemilu 2019 dan perekonomian global yang mengalami penurunan

"Tahun ini ada Pemilu, 5 tahun sebelumnya juga saat Pemilu market berelasi juga dengan kondisi politik. Beberapa customer menunda melakukan pembelian."

"Faktor kedua, imbas ekonomi global, itu mempengaruhi kondisi market di Indonesia," kata Anton.

Untuk tahun depan, TAM akan meluncurkan produk baru, namun Anton belum dapat menjelaskannya lebih lanjut. Selain peningkatan peforma kendaraan, pihaknya juga akan meningkatkan kualitas layanan (service) mengingat market otomotif juga diramaikan oleh kompetitor lain.

"Kami mempersiapkan branding strategy. Saya rasa sini juga penting."

"Di luar itu, kami juga didukung Astra financial dan insurance karena banyak produk-produk leasing dan diterima pasar, baik melalui misalnya cicilan ringan atau DP ringan," ucap Anton.

[Gambas:Video CNBC]

 

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
November 25, 2019 at 02:39PM
https://ift.tt/35xnJOm

Ekonomi Lesu, Penjualan Mobil Toyota Diperkirakan Turun 6% - CNBC Indonesia
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ekonomi Lesu, Penjualan Mobil Toyota Diperkirakan Turun 6% - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.