Search

Mobil Menhan Prabowo: Komparasi MPV dengan Sedan, Ini 6 Poin Serunya - Suara.com

Suara.com - Potret Menteri Pertahanan NKRI Prabowo Subianto membawa Toyota Alphard miliknya, dan bukan mobil dinas menteri, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid menjadi berita viral. Termasuk saat disebutkan bahwa ia tak akan menerima gaji serta kendaraan, yang kemudian dalam kabar terbaru disebutkan bahwa mantan Danjen Kopassus itu menyatakan akan menggunakan fasilitas berupa rumah, mobil, juga jaminan kesehatan dari negara.

Soal kendaraan dinas atau pribadi, bila dikomparasi tidak memenuhi perbandingan apple to apple, mengingat keduanya berada dalam kategori berbeda. Toyota Alphard termasuk Multi-Purpose Vehicle (MPV), sedangkan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid berada di kelas sedan.

Toyota Alphard Hybrid dalam test drive Banyuwangi - Bali. Sebagai ilustrasi Toyota Alphard [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Toyota Alphard Hybrid dalam test drive Banyuwangi - Bali. Sebagai ilustrasi Toyota Alphard [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Dikutip dari berbagai sumber, seperti Hotcar, Car, Global Cars, serta Videoblock, berikut adalah enam (6) poin seru komparasi MPV dengan sedan. Silakan disimak:

  1. Soal Kebutuhan
    Antara MPV dan sedan, bisa merujuk kepada tipe pengguna. Apakah digunakan mengangkut banyak barang, suka melakukan perjalanan darat di akhir pekan, sampai membawa peralatan seru seperti peranti berkemah? Bila jawaban di antara pertanyaan tadi adalah ya, tentu jenis minivan atau MPV lebih mewadahi.
  2. Jangkauan pandang MPV lebih tinggi
    Baik pengemudi maupun penumpang, bila ingin leluasa menikmati kondisi pemandangan di jalan, MPV adalah pilihan menarik. Apalagi bila berada di balik kemudi, kondisi jalan raya terutama lubang atau celah bisa dieksekusi mulus. Parkir juga lebih mudah, bahkan makin cepat menemukan tempat karena leluasa melongok sekeliling.
  3. Kemungkinan mengajak satwa kesayangan lebih besar
    Selain mengajak anggota keluarga atau rekan-rekan, MPV lebih "luwes" soal kapasitas angkut. Satwa kesayangan bisa diajak, karena model MPV memang dirancang memiliki area kargo besar. Seandainya ruang antarjok masih kurang, cukup melipat jok baris ketiga atau kedua.

Laman berikutnya adalah lanjutan komparasi, mulai bran ikonik sampai nyamannya posisi dalam kabin.

Deretan kendaraan dinas pimpinan DPR/MPR/DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/1). [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]
Deretan kendaraan dinas pimpinan DPR/MPR/DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/1). [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]
  1. Soal brand yang sangat ikonik, sedan jawaranya
    Bila yang disasar adalah produk ikonik atau legendaris, sedan juaranya. Selama beberapa dekade, kategori ini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, serta disebut-sebut sebagai mobil yang sempurna untuk semua tipe orang. Model-model tertentu sedan bahkan menjadi trade-mark film tematis, dicari banyak orang, bahkan untuk sekadar potret bersama.
  2. Soal performa, sedan tak diragukan
    MPV boleh jadi bertenaga, lebih tangguh di jalur off-road serta terkesan tahan banting atau memiliki durabilitas tinggi. Namun soal performa di jalan raya, sedan tak kalah keren. Apalagi desain body yang streamline, membuat unsur kecepatan bisa divisualisasikan lebih mantap. Bobot sedan juga relatif lebih ringan dari MPV, sehingga performanya lebih lincah.
  3. Posisi duduk nyaman, dan fitur keselamatan diborong sedan
    Memang, kategori MPV menawarkan posisi duduk lebih tinggi, namun sedan tetap menawarkan posisi duduk lebih baik, dengan sistem lumbar support atau penahan tulang belakang. Bahkan bagi pengguna mobil dengan postur di atas rata-rata, duduk di sedan lebih nyaman. MPV tak menawarkan ruangan lebih lega pada bagian langit-langit mobil. Jangan lupakan pula fitur airbag lengkap serta fitur teknologi seperti kontrol traksi elektronik dan sistem pengereman anti-lock, sampai fitur pendukung, seperti detektor pengereman bila ada pejalan di pedestrian, pengereman otomatis, kamera belakang, lane keep and change assist, dan fitur teknologi tinggi lainnya, rata-rata dipelopori oleh sedan.

  • Lihat Semua

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
November 05, 2019 at 09:00AM
https://ift.tt/2WHD2AR

Mobil Menhan Prabowo: Komparasi MPV dengan Sedan, Ini 6 Poin Serunya - Suara.com
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mobil Menhan Prabowo: Komparasi MPV dengan Sedan, Ini 6 Poin Serunya - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.