Search

Beli 10 Esemka, Kemhan Dukung Merek Mobil Lokal - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pertahanan (Kemhan) membeli 10 unit pikap Esemka Bima untuk dijadikan kendaraan operasional. Kemhan menjadi lembaga negara kedua setelah TNI Angkatan Udara (AU) yang membeli Esemka beberapa waktu lalu.

Sebelumnya TNI AU memborong 35 unit Esemka Bima untuk digunakan sebagai kendaraan operasional di landasan Skadron TNI AU.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan pihaknya menggunakan Esemka karena ingin mendorong industri otomotif dalam negeri. Sebab itu Esemka dipilih menjadi kendaraan dinas untuk kegiatan Satuan Kerja Kemhan.

Sebanyak 10 unit Bima yang dirakit di Boyolali, Jawa Tengah tersebut sudah berada di kantor Kemhan sejak beberapa hari lalu.

"Pembelian mobil Esemka ini bukti kecintaan dan dukungan Kemhan terhadap produksi anak bangsa. Kami patut bangga," kata Ryamizard di Jakarta, Selasa (15/10).

Ryamizard menuturkan pemerintah, melalui Kemhan selalu memberikan apresiasi dan mendorong agar produk mobil lokal Esemka bisa bersaing pada industri otomotif Tanah Air.

"Jadi kendaraan ini akan digunakan untuk menunjang operasional satker-satker di Kementerian Pertahanan," ucap Ryamizard.

Esemka Bima statusnya diproduksi Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di pabrik Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik itu diresmikan pada awal September 2019 dan disaksikan langsung sejumlah pejabat negara dan Presiden Joko Widodo.

Pada tahun pertama target Esemka bisa meracik 3.500 unit pikap Bima dengan kapasitas pabrik produksi total sebesar 12 ribu unit per tahun.

Bima ini memiliki dimensi panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm. Sementara baknya punya panjang 2.750 mm, lebar 1.600 mm, dan tingginya 460 mm.

Sedangkan sektor dapur pacunya, dilengkapi mesin 1.243 cc DOHC dengan daya maksimum 96,5 tenaga kuda dan torsi 119 nm. Kabarnya Bima juga punya pilihan mesin 1.300 cc, namun detailnya belum terungkap.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam wawancara dengan salah satu televisi swasta menjelaskan mesin Esemka diperoleh dari berbagai prinsipal otomotif.

"Mesinnya multiple source ada beberapa prinsipal," kata Airlangga.

[Gambas:Video CNN] (ryh/mik)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
October 15, 2019 at 02:07PM
https://ift.tt/2Mhmigf

Beli 10 Esemka, Kemhan Dukung Merek Mobil Lokal - CNN Indonesia
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beli 10 Esemka, Kemhan Dukung Merek Mobil Lokal - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.