Search

Esemka Pamer Mobil Antipeluru, Mirip Volvo? - Dream

Kata Menperin Soal Wajah Esemka Bima Mirip Mobil China

Dream – Usai Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, beredar kabar pikap Bima mirip dengan mobil niaga Star Truck dari Tiongkok. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, menanggapi kesamaan sebuah produk mobil bukan hal yang ane.

Airlangga mengatakan kemiripan komponen penyusun mobil ini terjadi karena perusahaan bekerja sama dengan pihak lain untuk membuat platform mobil.

" Kalau mobil multiplatform kan biasa. Kan kita tidak pernah bilang Vietnam jiplak BMW kan tidak, karena mereka ada perjanjian. Kita juga tidak bisa bilang Toyota jiplak Daihatsu, orang pabrik Toyota, Avanza produksinya di Daihatsu," kata dia di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Selasa 10 September 2019.

Sejumlah negara juga bisa bekerja sama dalam produksi mobil. Akan tetapi, ini bukan berarti sejumlah komponen penyusun mobil didatangkan dari negara lain.

Tak sedikit negara yang mengandalkan komponen dalam negeri sebagai penyusun sebagian besar mobil. Misalnya, platform Fiat dari Italia sama dengan Seat di Spanyol, tapi dua mobil ini memiliki desain yang sedikit berbeda.

" Ini bukan soal jiplak-jiplakan tapi multi source, multi platform dan mereka punya kerja sama," kata dia.

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
October 15, 2019 at 01:14PM
https://ift.tt/35z2Hzy

Esemka Pamer Mobil Antipeluru, Mirip Volvo? - Dream
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Esemka Pamer Mobil Antipeluru, Mirip Volvo? - Dream"

Post a Comment

Powered by Blogger.