Search

Tips Mobil Tetap Irit Walau Gunakan AC, Perhatikan Cara Pemakaian - iNews

JAKARTA, iNews.id - Penggunaan air conditoner (AC) alias penyejuk udara dalam mobil biasanya memengaruhi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjadi lebih boros. Namun, ada solusi yang membuat mobil irit meski AC kendaraan diaktifkan.

Seperti apa itu? Pemilik bengkel mobil Mutiara Motor Cawang, Susilo Abidin mengatakan, salah satu cara agar mobil tetap irit gunakan AC dengan bijak. Naikkan temperatur jika kabin mobil sudah terasa sangat dingin.

"Kalau pengendara merasakan dingin di dalam mobil, tapi tidak ingin mematikan AC naikkan temperaturnya. Dengan demikian mesin AC tidak terus bekerja keras," ujar Susilo saat ditemui iNews.id di Jakarta.

Selain itu, lanjut dia, jika udara di luar cukup sejuk (seperti saat pagi hari atau sedang berada di pegunungan) matikan AC dan bukalah kaca jendela mobil secukupnya. Sebaliknya, jika cuaca di luar panas, tutup rapat jendela agar suhu dalam kabin terjaga.

"Saat cuaca panas, parkirkan mobil di tempat teduh agar ketika akan digunakan AC tidak bekerja terlalu berat. Begitupun saat kondisi pagi atau malam hari serta kalau berada di wilayah pegunungan," katanya.

Paling penting, jelas dia, jangan memaksakan diri menggunakan AC dalam temperatur terendah. Terlebih jika kondisi tangki bensin mobil hampir kosong. Apabila tetap dilakukan, akan menyedot lebih banyak bahan bakar.

Editor : Dani Dahwilani

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
October 05, 2019 at 06:15AM
https://ift.tt/2IjvnTh

Tips Mobil Tetap Irit Walau Gunakan AC, Perhatikan Cara Pemakaian - iNews
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Mobil Tetap Irit Walau Gunakan AC, Perhatikan Cara Pemakaian - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.