Search

Jurus Beli Mobil Premium Bekas Bebas Banjir - Medcom ID

Jakarta: Banjir yang melanda Jabodetabek di awal tahun ini berdampak pada kerugian materil seperti tempat tinggal dan kendaraan bermotor. Kendaraan yang terdampak banjir biasanya memiliki risiko kerusakan lebih besar di masa depan, dan membuat sebagian orang memilih menjualnya.
 
Bagi pencari mobil premium bekas, tentu saja harus jeli untuk memilih mobil bekas yang bebas dari catatan kebanjiran. Kepala Cabang BMW Astra Used Car, Terry Tham, menjelaskan sejumlah sejumlah tips bagi yang sedang mencari mobil bekas pasca bencana banjir:
 
Hal pertama yang perlu diperiksa adalah rekam perawatan mobil. Ciri-ciri mobil bekas banjir dapat terlihat dari jenis komponen yang diganti, seperti karet-karet, sisa pengeringan karpet, dan komponen internal mesin pada mobil berusia muda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya, mobil bekas terendam banjir memiliki aroma interior bau lumpur yang tidak sedap. “Bahkan jika dibandingkan dengan mobil yang interiornya masuk dalam kategori tidak terawat, mobil bekas terendam banjir akan lebih bau lagi,” sebut Terry.
 
Jika menemukan korosi atau karat baut di area bawah kursi, ada indikasi mobil tersebut sudah pernah terendam banjir. “Idealnya, baut-baut di dalam kabin tidak mudah berkarat, karena jarang terkena kontaminasi dari luar,” tambah Aftersales Manager BMW Astra, Budi Kurniawan.
 
Ciri lainnya mobil generasi baru sudah menggunakan sistem elektrik yang kompleks. Pengetesan bisa dilakukan perangkat elektronik di dalam mobil seperti klakson, audio, wiper, lampu kabin, lampu eksterior, dan power window. Pastikan tidak ada perangkat yang mengalami gangguan seperti mati sebelah atau audio bersuara sember.
 
Jika tidak mengerti sejauh apa pemeriksaan harus dilakukan, dapat membawa mobil yang hendak dibeli ke bengkel resmi untuk pemeriksaan yang lebih komprehensif, terutama bagian rumit seperti mesin dan karet-karet pada kaki-kaki.
 
Langkah lainnya adalah dengan menggunakan dokumen seperti STNK dan BPKB untuk mengetahui apabila mobil tersebut berasal dari daerah rawan banjir atau tidak. Walaupun tidak semua daerah rawan banjir pasti terendam, cara ini dapat dijadikan pertimbangan tambahan untuk melakukan inspeksi lebih jauh.
 
Salah satu alasan masyarakat memilih mobil bekas adalah karena harganya lebih murah daripada beli baru. Namun jangan terkecoh dengan harga yang terlampau murah sebelum melakukan langkah-langkah pemeriksaan seperti di atas, karena berisiko mendapatkan unit dengan kondisi bekas terendam banjir.
 
Hal termudah yang dapat dilakukan adalah membeli mobil bekas dari dealer mobil bekas dengan standarisasi dan jaminan yang jelas. “Dealer mobil bekas resmi seperti BMW Astra Used Car memberikan garansi unit minimal 1 tahun, serta menjamin seluruh unit bebas dari tabrakan keras maupun banjir,” tutup Terry.
 

(UDA)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
January 19, 2020 at 07:56AM
https://ift.tt/3aq9YUI

Jurus Beli Mobil Premium Bekas Bebas Banjir - Medcom ID
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jurus Beli Mobil Premium Bekas Bebas Banjir - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.