Search

Kiat Pilih Kaca Film Mobil yang Tepat - Okezone Otomotif

Salah satu bagian yang sangat penting pada kendaraan roda empat adalah kaca film. Selain bertujuan menutupi bagian jendela samping, depan, dan belakang mobil, kaca film juga memiliki kegunaan lain yakni untuk menahan panas dan cahaya matahari dari luar.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, sangat penting memastikan jenis kaca film mobil terasa nyaman terhadap pandangan mata. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih kaca film mobil. Berikut hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih kaca film :

Tingkat kegelapan yang tepat

Di pasaran sebenarnya tersedia beragam jenis kaca mobil. Tingkat kegelapannya pun dapat dipilih sesuai keinginan. Kaca pada bagian depan merupakan bagian vital. Ini karen meempengaruhi pandangan pengendara.

Disarankan memilih jenis kaca yang memiliki tingkat kegelapan maksimal 40 persen. Dengan level kegelapan ini, pengemudi akan memiliki jarak pandang yang cukup jauh pada siang hari, yaitu minimal 500 meter ke depan.

Aturan mengenai level kegelapan kaca ini ditentukan berdasarkan peraturan yang tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76. Aturan ini berbicara tentang Penggunaan Kaca pada Kendaraan Bermotor.

Kaca film bagian belakang dan samping

Selain pada bagian depan, kondisi kaca pada bagian lain di mobil lebih fleksibel. Khusus untuk bagian belakang, persentase kaca ditembus cahaya bisa kurang dari 40 persen. Namun, hal ini berlaku untuk sepertiga bagian kaca saja.

Sementara itu, untuk bagian samping mobil, tingkat kegelapan yang disarankan adalah 80 persen. Menggunakan kaca film yang lebih gelap memiliki keunggulan tersendiri. Pertama, kabin akan terasa lebih sejuk. Kedua, pemilik mobil memiliki privasi serta aman dari pihak luar yang ingin melihat ke dalam mobil.

Pasang kaca film dengan benar

Kaca film dapat bertahan cukup lama dan tidak perlu sering-sering diganti. Namun, syaratnya adalah pemasangan kaca dilakukan dengan benar. Cara pemasangan yang benar adalah tidak meninggalkan gelembung pada permukaan kaca. Dengan demikian, tampilan eksterior mobil pun akan terlihat mulus.

Dari dalam harus terang

Kaca film mobil yang baik harus tetap terlihat terang jika dilihat dari dalam. Ada jenis tertentu yang tampak redup, baik dari dalam maupun luar. Hal ini sangat berbahaya karena menyebabkan jarak pandang berkurang.

Pilih peroduk berkualitas

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli kaca film mobil adalah harganya. Sebagian besar, jenis kaca film dengan merek ternama memang memiliki harga cukup mahal. Namun, kualitasnya biasanya lebih terjamin.

Nah, jika bujet Anda terbatas, ada beberapa alternatif kaca film mobil yang berkualitas standar. Supaya terjamin, manfaatkan garansi ketika membeli. Dengan demikian, Anda memperoleh ganti rugi apabila kualitas barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang dinyatakan sebelumnya.

(ABD)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
January 31, 2020 at 09:54AM
https://ift.tt/37M5JB6

Kiat Pilih Kaca Film Mobil yang Tepat - Okezone Otomotif
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kiat Pilih Kaca Film Mobil yang Tepat - Okezone Otomotif"

Post a Comment

Powered by Blogger.