Search

Tarik atau Gendong? Jangan Salah Perlakuan saat Evakuasi Mobil Banjir - Suara.com

Suara.com - Banjir Jakarta 2020 diharapkan segera berlalu, dan sampai kini, langkah-langkah membenahi mobil terdampak air bah terus dilakukan. Mulai kendaraan terpaksa melewati genangan, terkena sebagian, bahkan sampai terendam.

Langkah pertama bisa dilakukan, dengan cara menghubungi penyedia jasa derek atau towing mobil. Selanjutnya, perlu dipaparkan sebagai bagian dari informasi kepada tim penjemputnya, mulai kondisi mobil sampai lintasan atau keadaan jalan di mana si tunggangan kesayangan berada.

Proses melakukan towing mobil korban banjir [ANTARA Foto].
Proses melakukan towing mobil korban banjir [ANTARA Foto].

Berikut adalah tips yang diberikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk mempermudah proses evakuasi serta mencegah kerusakan lebih parah dari kendaraan terdampak banjir.

- Pastikan jenis transmisi mobil yang dievakuasi, karena antara kendaraan bertransmisi manual dan matik atau otomatis akan mendapatkan perlakuan berbeda. Tipe manual bisa dibawa dengan cara ditarik atau towing. Sedangkan, tipe matik harus digendong untuk menghindari kerusakan karena tidak adanya pelumasan.

- Perhatikan komponen kelistrikan seperti ECU, relay, dan junction block. Keringkan seluruh komponen elektrikal untuk menghindari terjadinya arus pendek atau korsleting. Hal ini juga penting bila sewaktu-waktu ingin melakukan starter maka sudah berada dalam kondisi tidak basah. Atau dengan kata lain adalah tindakan preventif.

- Untuk menghindarkan masuknya serangga dalam kabin serta menjaga kebersihan, bisa dilakukan pembersihan komponen interior seperti karpet lantai, jok, door trim, langit-langit, saringan udara Air Conditioning (AC), serta bagasi.

- Mekanik akan melakukan pembersihan ruang mesin serta perbaikan yang dibutuhkan atas si mobil terdampak banjir.

- Perbaikan juga bakal dilakukan atas komponen eksterior seperti dent atau baret pada panel bodi akibat tingginya air yang berdampak pada estetika mobil.

Catatan: bagi konsumen produk Astra Daihatsu bisa menghubungi call center Astra World 1500898, dan khusus bagi pemilik Daihatsu pemegang polis Asuransi Astra, bisa mengontak Garda Siaga di nomor 1500112.

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
January 07, 2020 at 12:00PM
https://ift.tt/2Fq4Cur

Tarik atau Gendong? Jangan Salah Perlakuan saat Evakuasi Mobil Banjir - Suara.com
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tarik atau Gendong? Jangan Salah Perlakuan saat Evakuasi Mobil Banjir - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.