Search

BBM Motor Gede Setara Mobil, Ini Mitos Atau Fakta? - Suara.com

Suara.com - Bagi pengguna motor gede atau pasti sering merasakan bila konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan begitu boros. Bahkan tak jarang disebut-sebut "minum" lebih dahsyat dari mobil.

Seperti dituliskan Cycle World, hal ini sebenarnya disebabkan oleh tiga aspek yang membuat moge boros. Walaupun biasanya para pemilik moge sudah biasa dengan situasi seperti ini.

Sebelumnya, perlu diketahui bila moge di sini adalah motor berkapasitas mesin 600cc ke atas. Berikut penjelasan mengapa moge bisa tandas minum bahan bakar dan kerap dinyatakan menyamai mobil:

Ilustrasi ban motor gede (Moge). (Shutterstock)
Ilustrasi motor gede atau moge [Shutterstock].
  1. Putaran Mesin Tinggi. Ketika sebuah mobil melaju stabil, hanya butuh putaran mesin pada 2.200 rpm. Namun sebuah motor sport 1.000cc, terkadang mencapai 8.000 rpm. Tentunya putaran mesin yang lebih tinggi mengakibatkan konsumsi bahan bakar lebih banyak, meski untuk kecepatan yang sama dengan mobil.
  2. Gesekan Mesin Besar. Dengan kapasitas mesin dan dimensi mesin yang lebih besar, tentunya ada lebih banyak komponen di dalam dapur pacu. Sudah pasti gaya gesek pada komponen-komponen di dalamnya besar, khususnya di bagian piston dan klep.
  3. Hambatan Udara. Meski motor sport saat ini sudah punya bentuk yang aerodinamis, namun drag coefficient (Cd) masih 0,6 atau mirip sebuah van kotak. Sedangkan mobil penumpang atau sedan normal, sudah di angka 0,3 Cd.

Demikian tiga penjelasan mengapa konsumsi bahan bakar moge bisa begitu boros.

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
March 25, 2020 at 12:17PM
https://ift.tt/33ITeFn

BBM Motor Gede Setara Mobil, Ini Mitos Atau Fakta? - Suara.com
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BBM Motor Gede Setara Mobil, Ini Mitos Atau Fakta? - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.