Search

Hindari Kerusakan Karena Mobil Jarang Dipakai Saat Work From Home - Jawa Pos

JawaPos.com – Merebaknya virus korona atau covid-19 banyak masyarakat yang melakukan aktivitasnya di rumah alias Work From Home (WFH). Ini membuat sebagian dari masyarakat khusunya yang biasa menggunakan mobil pribadi terpaksa hanya memarkirkan mobilnya untuk jangka waktu cukup lama.

Bila mobil didiamkan dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa digunakkan, bisa berpotensi menimbulkan kerusakan beberapa komponen. Salah satunya yang sudah pasti adalah aki menjadi tekor.

Bila Anda yang sekarang ini sedang terpaksa menjalankan WFH dengan durasi waktu cukup lama, dan mobil Anda hanya terparkir di garasi sebaiknya mengetahui beberapa hal.

Harus diketahui kalau kendaraan yang jarang dipakai dengan durasi sehari dua hari tidak masalah. Akan tetapi kalau sampai mingguan bahkan bulanan apalagi kendaraan yang tidak terlalu baru lagi pasti akan berpengaruh.

Risiko yang akan muncul pertama adalah pada kelistrikan tepatnya di aki mobil. Hal ini akan dirasakan saat pertama kali menyalakan mobil yang sudah lama tak digunakan. Mobil akan sulit dinyalakan karena adanya penurunan daya dengan sendirinya.

Maka sebaiknya panaskan mobil minimal 7 hari sekali. Ini sangat penting agar arus listrik pada aki mobil tidak menjadi lemah dan tetap terisi. Setiap harinya aki mobil yang tidak dipakai itu berpotensi berkurang arus listriknya sekitar 3 persen dari kapasitasnya.

Kalau memungkinkan Anda bisa mengendarai mobil keliling komplek sekitar 10 menit, ini akan membuat beberapa komponen mesin dan kaki-kaki pada mobil juga bisa terlumasi. Bila situasi sangat tidak memungkinkan dan berbahaya, maka cukup dengan menghidupkannya saja di garasi rumah.

Selanjutnya mobil yang lama tak bergerak dari tempatnya mengakibatkan tekanan ban cepat berkurang alias cepat kempes. Selain itu mobil yang terparkir lama akan mengalami efek korosif yang berkontribusi pada kerusakan jangka panjang.

Proses korosi pada tangki BBM dan knalpot (komponen mufler) cenderung lebih cepat terjadi pada mobil yang lama didiamkan tak menyala dan bergerak.

Terakhir, hindarkan mobil Anda terparkir di area terbuka yang terkena sinar matahari atau hujan secara langsung. Karena hal ini akan cepat memudarkan warna bodi kendaraan.

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
March 23, 2020 at 10:32PM
https://ift.tt/2UdH6Jk

Hindari Kerusakan Karena Mobil Jarang Dipakai Saat Work From Home - Jawa Pos
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hindari Kerusakan Karena Mobil Jarang Dipakai Saat Work From Home - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.