Search

Benarkah Mobil Zaman Now Tidak Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan - Medcom ID

Jakarta: Pemilik mobil sering menyalakan mobil sebelum mulai beraktivitas. Tujuan utamanya yaitu agar mesin atau komponen lain bisa bekerja dengan optimal, ketika mobil tersebut akan digunakan ke suatu tempat tujuan.
 
Pertanyaan yang sekarang ini masih terdengar, yakni apakah mobil zaman now masih perlu dipanaskan dulu mesinnya?
 
Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha menjelaskan, untuk teknologi canggih yang ada pada mobil keluaran terbaru menjadikan pemilik tidak perlu melakukan pemanasan mesin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Sapta, mobil dengan sistem injeksi bahan bakar yang sudah didukung oleh sistem kontrol dengan komputer tidak perlu lagi ada pemanasan, apalagi sampai digas kencang. Hanya akan membuang-buang bahan bakar saja, karena teknologi mobil zaman now sudah lebih canggih dibanding mobil keluaran dulu.
 
“Jadi mobil sekarang itu sudah tidak lagi menggunakan karburator, tidak perlu ada pemanasan lagi sebelum mulai beraktivitas,” tutur Sapta drilis Auto2000.
 
Sapta melanjutkan, mobil keluaran sekarang ini memiliki teknologi mesin yang sudah ada valve adjuster yang secara fungsi untuk menahan oli tidak langsung turun ke carter atau bak penampungan.
 
Sehingga ketika mesin bekerja, oli bisa langsung melumasi bagian mesin. Beda dengan mobil keluaran lama yang memang harus dilakukan pemanasan mesin agar sistem pelumasan tersebar ke seluruh komponen.
 
Selain itu, oli dari carter bisa lebih cepat naik ke mesin karena telah didukung teknologi oil pump dan kualitas pelumas dengan visikositas jauh lebih baik.
 
Terakhir, untuk menghidupkan mesin, sekarang sudah didukung oleh sensor, seperti temperatur lingkungan dan temperatur oli.
 
“Sehingga komputer bisa langsung menghitung campuran bahan bakar yang tepat untuk bisa menghidupkan mesin. Itulah kenapa mobil zaman now tidak perlu dipanaskan dulu mesinnya sebelum mulai jalan,” ujar Sapta.
 

(UDA)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
March 25, 2020 at 04:42PM
https://ift.tt/2UA5WSH

Benarkah Mobil Zaman Now Tidak Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan - Medcom ID
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Benarkah Mobil Zaman Now Tidak Perlu Dipanaskan Sebelum Jalan - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.