Search

WFH Cegah Corona, Ini yang Harus Diperhatikan saat Mobil Tak Dipakai Berhari-Hari - iNews

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk bekerja dari rumah (work from house/WFH) dalam waktu cukup lama. Meski demikian, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi kendaraan, khususnya mobil saat tidak dipakai berhari-hari.

Pemilik bengkel mobil Rafli Auto Cars Depok, Rafli Ferdian mengatakan, hal paling sering terjadi ketika mobil didiamkan dalam waktu lama atau tidak dipanaskan berisiko masalah pada baterai atau aki.

"Kalau mobil tidak didiamkan berhari-hari, kemudian saat dinyalakan agak susah, tersendat-sendat, ada kemungkinan berisiko kerusakan pada aki," ujar Rafli, saat dihubungi iNews.id, beberapa waktu lalu.

Dia menyebutkan, meski mobil tidak dipakai, usahakan selalu dipanaskan minimal lima menit. "Sebisa mungkin mobil dipanaskan beberapa waktu, jangan sampai tidak, cukup lima menit," katanya.

Tak hanya aki, mobil yang didiamkan terlalu lama juga bisa membuat tekanan angin ban berkurang. "Mobil yang lama diam di garasi, angin pada ban pasti berkurang. Ini yang sering terlupa pada pemilik mobil," ujar Rafli.

Menurutnya, komponen terparah pada mobil jika dibiarkan lama di garasi adalah terjadi korosi di tangki bahan bakar. Dampaknya bisa fatal seperti penyumbatan saluran bahan bakar dan kebocoran yang berpotensi kebakaran.

"Sebelum didiamkan lama seperti saat ini, lebih baik mobil dalam keadaan full (tangki) bensinnya agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan seperti dampak korosi. Jika sudah terjadi korosi, risikonya besar, bensin bisa bocor dan menimbulkan kebakaran," ujarnya. 

Editor : Dani Dahwilani

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
March 27, 2020 at 10:24AM
https://ift.tt/2JiMjcC

WFH Cegah Corona, Ini yang Harus Diperhatikan saat Mobil Tak Dipakai Berhari-Hari - iNews
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "WFH Cegah Corona, Ini yang Harus Diperhatikan saat Mobil Tak Dipakai Berhari-Hari - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.