Search

Duh! Harga Mobil Murah Semakin Mahal Saja - Detikcom

Jakarta -

Di pasar otomotif Indonesia saat ini ditawarkan mobil baru dengan harga terjangkau, yang masuk dalam kategori low cost green car (LCGC). Mobil LCGC pertama kali meluncur ke pasar pada tahun 2013.

Awalnya, mobil di segmen LCGC pertama kali dibuat sebagai mobil untuk kepemilikan pertama. Konsumen yang sebelumnya memakai sepeda motor atau mobil bekas dan ingin naik kelas punya mobil baru mendapat pilihan berupa LCGC.

Sebagai mobil untuk kepemilikan pertama dan menyasar pengguna sepeda motor atau mobil bekas, LCGC tentunya ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Saat peluncurannya pertama kali, LCGC harganya masih di bawah Rp 100 juta. Namun, semakin ke sini harga LCGC semakin mahal saja.

Hingga saat ini, tak ada lagi LCGC yang dibanderol di bawah Rp 100 juta. Semuanya sudah menyentuh angka Rp 100 juta. Bahkan Toyota Agya yang baru diluncurkan kemarin saja harganya ada yang hampir Rp 170 juta.

Kemarin, Toyota meluncurkan LCGC hatchback Agya versi terbarunya. Dengan beberapa pembaruan di eksterior dan interior, harga Toyota Agya naik dari Rp 500 ribu sampai Rp 5,59 juta dari harga lamanya.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga meluncurkan kembaran Agya, yakni Daihatsu Ayla. Memang, Daihatsu Ayla tipe terendah khususnya harganya sama dengan versi lawas. Tapi tipe lain harganya naik lagi.

Soal harga LCGC sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2). Pada awalnya, dalam peraturan yang dikeluarkan pada 2013 itu LCGC ditetapkan dengan harga setinggi-tingginya sebesar Rp 95 juta sebelum pajak daerah, bea balik nama (BBN) dan pajak kendaraan bermotor (PKB).

Namun, harga LCGC dibolehkan naik karena menyesuaikan kondisi ekonomi yang dicerminkan dengan besaran inflasi, nilai tukar dolar, harga bahan baku, teknologi pengaman penumpang, hingga transmisi yang digunakan. Harga LCGC juga dapat diubah setiap satu tahun. Sehingga, setelah hampir 7 tahun peraturan itu diundangkan, harga LCGC saat ini tidak ada yang di bawah Rp 100 juta lagi.

Berikut harga-harga terbaru mobil-mobil LCGC.

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
March 20, 2020 at 09:14AM
https://ift.tt/3b960PW

Duh! Harga Mobil Murah Semakin Mahal Saja - Detikcom
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duh! Harga Mobil Murah Semakin Mahal Saja - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.