Search

Banjir Bukan Ajang Adu Kuat Mobil Terobos Air! - Detikcom

Jakarta - Banjir seakan menjadi panggung Isuzu Panther membuktikan ketangguhannya sejak video angkot Isuzu berwarna merah menerabas banjir viral di dunia maya. Tak cuma Isuzu Phanter, video mobil lain menerobos banjir seperti Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sigra juga viral.

Meski berhasil, jangan dilupakan pula ada mobil lain yang justru hanyut atau mogok di tengah banjir. Perlu diingat bahwa para pakar keselamatan berkendara melarang untuk menembus banjir sebisa mungkin. Jangan jadikan banjir sebagai wadah untuk keren-kerenan atau sekadar menguji kekuatan mobil.

"Bisa dilakukan tapi tidak aman dan tidak defensive. Juga pasti akan ada kerusakan kendaraan dan ini tidak dapat diterima secara kacamata safety dan defensive," tanggap Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian kepada detikcom, Senin (6/1/2020).

Menyikapi video angkot Panther berkelir merah itu, Reza sangat menyayangkan pengemudi mengabaikan keselamatan penumpangnya. Berbeda dengan yang sendirian dan menggunakan angkutan pribadi risiko tentu ditanggung sendiri.

"Ini tidak memikirkan keselamatan orang lain dan egois. Kalau mobil sendiri serta sendirian di dalam kendaraan serta tidak merugikan orang lain dapat diterima" katanya.

Selain masalah keamanan, ia juga mengingatkan risiko kerusakan. Jangan senang dulu berhasil melewati banjir karena hampir dapat dipastikan ada beberapa komponen mobil yang butuh perawatan bahkan penggantian setelahnya.

"Kerusakan itu bukan hanya mesin mati, tetapi jok basah, barang atau benda atau orang telah berpindah titik tapi tidak dalam keadaan aman efisien dan efektif serta selamat sebagai tugas pengemudi," tutupnya.

Simak Video "Melihat Tampang Anyar Daihatsu Sigra"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
January 07, 2020 at 07:02AM
https://ift.tt/2upo6gA

Banjir Bukan Ajang Adu Kuat Mobil Terobos Air! - Detikcom
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Banjir Bukan Ajang Adu Kuat Mobil Terobos Air! - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.