Search

Bereskan Tumpukan Mobil, Ini Karya Komunitas Otomotif - Suara.com

Suara.com - Saat berlangsung banjir Jakarta 2020 bertepatan dengan New Year's Day, potret lautan cokelat dengan berbagai kendaraan, mulai sepeda motor hingga mobil yang terbawa arus air bah menjadi viral.

Mengerikan, karena tunggangan itu bergerak mengikuti olakan yang tidak bisa dibilang perlahan. Dan baru berakhir saat tersangkut di pohon atau benda berat lainnya.

Pemandangan tumpukan kendaraan seperti itu juga tampak di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Proses evakuasi mulai dilakukan pada Jumat (3/1/2020).

Tumpulan mobil terbawa banjir di Jatiasih, Bekasi. (Antara)
Tumpulan mobil terbawa banjir di Jatiasih, Bekasi [ANTARA Foto]

Dikutip dari Captain Dave's Survival Guide, pilihan mobil untuk melakukan evakuasi manusia serta peralatan berat seperti mobil, tunggangan kategori Sport Utility Vehicle atau SUV adalah sebentuk pilihan tepat.

Hal senada, dilakukan oleh Komunitas Off Road, 4x4 Jakarta. Sedikitnya ada 15 unit tunggangan jip, yang termasuk SUV, untuk mengevakuasi belasan mobil bertumpuk.

"Satu-satu kami evakuasi, ya ini sukarelawan saja karena kendaraan yang mampu untuk evakuasi adalah jenis jip," papar Suguarto, anggota Komunitas 4x4 Jakarta kepada Suara.com.

Dijelaskan oleh lelaki usia 49 tahun ini, bahwa ada 15 mobil yang berhasil dievakuasi setelah terjadi tumpukan terbawa banjir Jakarta 2020. Mobil itu berjenis sedan, bahkan bus dan truk, hingga menutup akses jalan utama di perumahan.


"Dalam proses evakuasi memerlukan waktu mulai 15 sampai 30 menit. Terakhir yang kami evakuasi karena susah dan berat adalah bus," ujarnya.

Selain itu, juga posisi mobil yang bertumpuk tiga menyulitkan mereka evakuasi. Disamping mobil yang terbalik, juga terdapat kendaraan roda dua yang tertimpa.

"Mobil yang bertumpuk juga susah, karena di bawahnya ada motor. Jadi kami evakuasi dengan cara mengangkat mobilnya ramai-ramai secara manual untuk ambil motor, kemudian baru kami evakuasi mobilnya," tambahnya.

Tumpukan-tumpukan mobil yang tadinya memenuhi ruas jalan kini lambat laun diturunkan dan digeser ke tempat area parkir di sebuah lapangan perumahan.

Salut untuk tugas evakuasi pasca banjir Jakarta 2020 seperti ini. Semoga kejadian tadi tak terulang.

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
January 04, 2020 at 01:00PM
https://ift.tt/37ryhiW

Bereskan Tumpukan Mobil, Ini Karya Komunitas Otomotif - Suara.com
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bereskan Tumpukan Mobil, Ini Karya Komunitas Otomotif - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.