Search

Kenali Tanda-Tanda Mobil Bekas Banjir Sebelum Membeli Mobil Bekas - Suara.com

Suara.com - Meski sudah memasuki bulan Februari, sejumlah daerah di Indonesia masih sering mengalami curah hujan yang tinggi. Bahkan di kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta masih sering terjadi banjir.

Akibatnya banyak kendaraan  bermobil yang ikut terkena imbasnya dan rusak karena banjir, jika sudah terkena banjir banyak pemilik mobil yang memilih untuk menjual mobilnya

Nah bagi kamu yang sedang ingin mencari mobil bekas ada baiknya kamu mengetahui ciri dan tanda mobil tersebut bekas terkena banjir, simak ciri-cirinya berikut:

1. Harga terlalu Murah

Hal pertama yang perlu menjadi perhatian adalah harga mobil bekas tersebut. Jika mobil tersebut dijual dengan harga jauh dibawah pasaran bekas mobil tersebut, maka perlu dicurigai bahwa mobil tersebut bekas terkena banjir.

2. Bau Tidak Sedap

Kamu bisa dengan mudah mengetahui apakah mobil tersebut bekas banjir atau tidak dari bau dari kabin/interior mobil. Jika saat kamu masuk kedalam mobil dan tercium bau tidak sedap seperti bau apek kemungkinan mobil tersebut pernah terendam banjir.

Bau tidak sedap tersebut muncul karena ada bagian mobil yang basah dan sulit untuk dibersihkan secara menyeluruh.

3. Ada Kotoran dan Noda Bekas Banjir pada Interior

Selain bau tidak enak pada bagian dalam mobil, periksa bagian-bagian seperti bagasi, lubang kisi-kisi AC, sudut panel dan kabel di belakang dashboard, penutup speaker, sela-sela dan rel jok mobil.

Periksa juga bagian karet pintu yang menempel pada bodi mobil, kamu bisa melepasnya dan mencari tahu apakah terdapat bekas lumpur atau tidak. Jika terdapat pasir, bekas lumpur dan bekas air kemungkinan mobil tersebut bekas terendam banjir.

4. Cek Bagian Mesin Mobil

Pada ruang mesin mobil yang terkena banjir biasanya ada bagian-bagian yang berwarna belang dan menguning, cek juga apakah ada bekas karatan pada bagian kap mesin dan area sekitar mesin.

Periksa juga warna pada oli mesin, apabila oli berwarna coklat keputihan kemungkinan besar oli sudah bercampur dengan air yang masuk kedalam ruang mesin. Suara mesin mobil yang habis terkena banjir punakan lebih kasar daripada mobil dalam kondisi normal.

5. Cek STNK dan Riwayat Servis Mobil

Melalui alamat yang ada pada STNK kendaraan, kamu bisa mengetahui apakah daerah tersebut rawan banjir atau tidak. Jika daerah pada STNK rawan banjir ada kemungkinan mobil pernah terendam banjir.

Mobil yang Terawat biasanya memiliki riwayat servis mobil yang berkala, kamu bisa mengetahui informasi terkait apakah mobil tersebut pernah terendam banjir melalui riwayat servis yang ada.

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
February 19, 2020 at 03:59PM
https://ift.tt/2ubskbP

Kenali Tanda-Tanda Mobil Bekas Banjir Sebelum Membeli Mobil Bekas - Suara.com
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenali Tanda-Tanda Mobil Bekas Banjir Sebelum Membeli Mobil Bekas - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.