Search

Pelat Mobil Mahathir Mohamad Bernomor RIMAU 1925, Apa Artinya? - iNews

JAKARTA, iNews.id - Perdana Menteri sementara Malaysia Mahathir Mohamad melakukan pertemuan dengan pengurus Partai Pribumi Bersatu Malaysia, Jumat (28/2/2020) pagi ini. Pertemuan ini merupakan rangkaian safari politik yang akan dilakukannya sebelum parlemen menggelar sidang pada Senin (3/3/2020) untuk menentukan PM definitif Malaysia.

Dalam kunjungannya ke Partai Pribumi Bersatu di Yayasan Al Bukhary, Kuala Lumpur, Mahathir menaiki sedan Mercedes-Benz S400 berwarna hitam. Sejumlah pasukan pengaman, mengawal perjalanan politikus yang belum lama ini mundur sebagai PM dan ditunjuk lagi sebagi PM interim.

Menariknya, nomor pelat Mercy itu bertuliskan RIMAU 1925 di bagian belakang. Apa artinya?

Angka 1925 merupakan tahun lahir Mahathir. Mantan politikus UMNO ini lahir di Alor Setar, Kedah, 10 Juli 1925. Mahathir merupakan sebagai PM Malaysia terlama saat dia menduduki jabatan itu pada 1981-2003. Pada Pemilu 2008, dia kembali terpilih dan tercatat sebagai pemimpin tertua.

Sedangkan RIMAU merujuk pada satwa yang menjadi simbol Malaysia: Harimau. Pada perhelatan SEA Games 2017 saat Malaysia menjadi tuan rumah, maskot kompetisi olahraga terbesar di Asia Tenggara ini dinamakan RIMAU.

Dalam laman resmi SEA Games itu, RIMAU merupakan singkatan dari Respect (hormat), Integrity (berwibawa), Move (tangkas), Attitude (bersikap positif) dan Unity (bersatu).

Untuk mendukung pelaksanaan event tersebut, Pemerintah Malaysia membuka penawaran pelat kendaraan dengan nomor khusus yakni pelat RIMAU 1 sampai RIMAU 9999. Lelang pelat nomor dibuka dengan harga 500 Ringgit Malaysia.

Menteri Pemuda dan Olahraga saat itu Khairy Jamaluddin mengatakan hasil dari penawaran pelat nomor khusus dapat membantu biaya penyelenggaraan SEA Games dan ASEAN Para Games Malaysia.

"Kami berharap mendapatkan sebanyak mungkin dari proses penawaran karena tidak hanya plat nomor merupakan kenang-kenangan bagi masyarakat, tetapi juga hasilnya dapat digunakan untuk membiayai biaya penyelenggaraan," katanya usai meresmikan penawaran untuk nomor registrasi kendaraan RIMAU, dikutip dari The Star, Kamis (2/2/2017).

Mahathir dikenal sebagai figur gemar berkendara. Saat libur, pria 94 tahun ini mengisinya dengan berkeliling ke beberapa wilayah Malasyia dengan menyetir sendiri mobilnya.

Saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Malaysia beberapa waktu lalu, Mahathir bahkan yang menyopiri. Ketika itu, Mahathir mengajak Jokowi berkendara dengan Proton Persona.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
February 29, 2020 at 05:01AM
https://ift.tt/3996Trl

Pelat Mobil Mahathir Mohamad Bernomor RIMAU 1925, Apa Artinya? - iNews
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pelat Mobil Mahathir Mohamad Bernomor RIMAU 1925, Apa Artinya? - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.