Jakarta, IDN Times – Kalau sering lihat serial Mr Bean tentu tahu mobil yang satu ini. Ya, Mini Cooper Morris. Mobil berdesain mungil ini menjadi salah satu mobil ikonik yang pernah ada.
Mobil ini juga diminati di Indonesia. Tak heran muncul komunitas Mini Moris. Jika mobil ini melintas di jalan, bakal jadi pusat perhatian.
Sejarah mobil ini sangat panjang.Morris berawal dari sebuah pabrik di Longbridge dan Cowley, Inggris. Pada 1957, seorang desainer mobil berdarah Inggris-Yunani, Sir Alec Issigonis, berhasil membuat desain awal Morris.
Mobil pertama Morris meluncur pada Agustus 1959. Morris langsung menyita perhatian. Seperti apa transformasi mobil Morris dari awal hingga saat ini?
1. Mobil mini yang menjuarai balap reli
Generasi pertama Morris dimulai dari 1959 hingga 1967. Pada awal kemunculannya, mobil kecil ini masih menggunakan mesin yang kecil pula, yaitu 848 cc dengan transmisi manual 4 percepatan.
Walaupun menggunakan mesin kecil, Morris beberapa kali menjadi juara ajang reli Monte Carlo pada tahun 1964, 1965 dan 1967. Tak hanya itu, Morris pada saat itu berhasil mematahkan stigma masyarakat mengenai mobil berdesain kompak dengan mesin melintang dan berpenggerak roda depan. Kecil kecil cabe rawit!
2. Tak ada perubahan signifikan pada generasi kedua
Tak ada perubahan yang signifikan pada generasi kedua Morris ini. Namun, ada beberapa detail bentuk mobil yang membedakannya dari generasi pertama. MINI Morris generasi kedua ini lahir pada 1967.
3. Mini generasi ketiga menggunakan pintu dan jendela yang lebih besar
Untuk generasi ketiga ini MINI Morris tampil lebih modern. Ciri fisik yang dapat dilihat adalah ukuran pintu dan jendela mobil yang lebih besar dari dua generasi sebelumnya. Generasi ketiga ini resmi mengaspal pada 1969. Dan pada saat itu juga mobil ini menggunakan nama MINI, karena nama pabrikan Austin dan Morris sudah tidak digunakan lagi.
Baca Juga: Dibanderol Rp700 Jutaan, Apa Saja Fitur Andalan New Mini Clubman?
4. Generasi keempat semakin modern dengan lampu indikator dan lampu mundur
Pada 1976 MINI kembali memperkenalkan generasi keempatnya. Pada generasi ini, terdapat beberapa perubahan, seperti subframe bagian depan yang menggunakan baut tunggal dengan karet bushing pada bagian chasis belakang. Tak hanya itu, Mini generasi keempat sudah menggunakan lampu indikator dan dilengkapi dengan lampu mundur.
5. Telah menggunakan rem cakram pada generasi kelimanya
Tak butuh waktu lama, Mini kembali mengeluarkan generasi kelimanya pada 1984. Generasi kelima ini kembali mendapatkan pembaruan. Salah satunya, mobil ini dibekali rem cakram berukuran 8,4 inci. Namun, bentuk yang digunakan masih menggunakan model yang sama.
6. Perubahan terbesar pada generasi keenam
Pembaruan terbesar terjadi pada generasi keenam ini. Resmi diluncurkan pada 1990, Mini ditenagai mesin berkapasitas lebih besar, yaitu 1.275 cc dengan menggunakan karburator HIF.
Enam tahun kemudian, Mini memperkenalkan varian terakhir model dua pintu. Mobil Mr.Bean ini sudah dilengkapi dengan twin port injection dan tambahan radiator pada bagian depannya.
Namun, sangat disayangkan pada 2001 Mini memutuskan untuk berhenti memproduksi mobil mungil Mr.Bean dan akan bertransformasi menjadi NEW MINI.
Baca Juga: Pasar Mobil Makin Bergairah, Morris Garage Serbu Indonesia
"mobil" - Google Berita
February 26, 2020 at 11:08AM
https://ift.tt/2HUOr9J
Sejarah dan Transformasi Mini Morris, Mobil Kesayangan Mr Bean - IDN Times Sumatera Utara
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Sejarah dan Transformasi Mini Morris, Mobil Kesayangan Mr Bean - IDN Times Sumatera Utara"
Post a Comment