Search

Hasil Putar Otak APM Agar Tetap Jualan Mobil Saat Corona - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Pandemi virus corona di Indonesia telah mengubah strategi pemasaran para Agen Pemegang Merek (APM) dari semula berniaga konvensional melalui dealer atau pameran menjadi online alias tanpa perlu tatap muka. Kini sebagian besar pemasaran diarahkan langsung ke ponsel konsumen.

Aktivitas pemasaran online ini dikatakan mendukung kebijakan pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19 yakni dengan mendorong masyarakat melakukan kegiatan sehari-hari dari rumah.

Kebijakan pemerintah semakin gencar mengatasi Covid-19 dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi. PSBB membuat kantor APM dan dealer tutup serta operasi pabrik-pabrik perakitan mobil dan motor dihentikan sementara.


Walau banyak hambatan para APM telah berusaha memikirkan berbagai ide kreatif agar bisnis otomotif tetap jalan. Upgrade Situs

Toyota Astra Motor (TAM) melalui jaringan terbesarnya, Auto2000, sudah memulai langkah online dengan mengubah situs resmi mereka menjadi Auto2000 Digiroom, dealer online yang diklaim pertama di dalam negeri.

Situs tersebut memiliki menu utama penjualan mobil baru, suku cadang, dan aksesori mobil Toyota.

Chief Executive Auto2000 Martogi Siahaan mengatakan perusahaan sudah siap bertransformasi ke era digital. Kata dia konsumen saat ini dapat melakukan segala macam hal terkait penjualan hingga bertransaksi soal kendaraan melalui situs yang bisa diakses melalui ponsel sambil di rumah saja.

"Auto2000 Digiroom hadir layaknya showroom Toyota ada di sakumu," kata Martogi.

CSD & Marcomm Departement Head Auto2000 Cahaya Fitri Tantriani mengatakan konsumen dapat langsung mengajukan pemesanan kendaraan, proses kredit ke leasing, dan bayar tanda muka via situs.

"Jadi transaksi via digital. Upload dokumennya dan approval pemesanan juga diinfo via digital atau email," kata Tantri.

"Kalau pelanggan sudah mengisi pemesanan kendaraan maka akan memilih cabang pembelian sehingga akan ada yang menelepon untuk konfirmasi kembali agar memastikan yang ditulis tidak salah. Tapi yang jelas tidak perlu datang ke cabang [dealer]. Bahkan pengiriman kendaraan, pelanggan dapat memilih di rumah saja dan mobil dikirim," sambung Tantri.

Sokonindo Automobile (DFSK) juga melakukan pembenahan situs resmi menjadi sarana penjualan langsung ke konsumen. Digital Marketing Manager Sokonindo Automobile M. Angga Adhikresna memaparkan setelah mengakses situs resmi DFSK, konsumen potensial akan ditindaklanjuti oleh tenaga penjual dealer terdekat.

"Hal ini juga kami lakukan sebagai langkah mendukung pemerintah di masa pandemi untuk mengurangi aktivitas luar rumah, sehingga kami memberikan kemudahan bagi konsumen tanpa harus ke dealer," ucap Angga.

BMW melakukan langkah lebih jauh terkait pemasaran online, yaitu membuka toko resmi di Tokopedia. Merek yang pertama kali meluncurkan mobil baru melalui cara online di dalam negeri saat pandemi Covid-19 ini telah meluncurkan toko resmi itu pada Jumat (17/4) sekaligus memperkenalkan untuk pertama kalinya Seri 3 tipe bodi Touring.

Beda dari sedan Seri 3 lain yang diproduksi di Indonesia Seri 3 Touring diimpor dari Jerman. BMW Indonesia cuma menjualnya 25 unit, hal ini bisa membuatnya jadi barang langka di Tanah Air.

Call Center

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memiliki ide berbeda menjalani masa pandemi Covid-19, yaitu menyiapkan layanan khusus yang menghubungkan konsumen dengan perusahaan menggunakan call center.

Calon konsumen dapat menghubungi hotline Mitsubishi 0804-1-300-300 dan akan diarahkan langsung kepada dealer Mitsubishi terdekat. Selanjutnya tenaga penjual akan berkomunikasi dengan pelanggan untuk memberikan layanan penjualan meskipun calon konsumen berada di rumah.

Test Drive Rumah

Para APM memahami konsumen butuh test drive sebagai salah satu syarat yang mesti dipenuhi sebelum membeli mobil. Sokonindo menjelaskan konsumen yang menginginkan test drive tak perlu ke dealer, melainkan bisa mendapatkan layanan kunjungan ke rumah.

Mobil yang diincar akan diantar ke rumah untuk langsung dicoba dengan menerapkan protokol kesehatan seperti penyemprotan disinfektan dan pihak dealer datang menggunakan masker serta sarung tangan.

"Test drive juga bisa tanpa harus datang ke showroom," ucap Angga.

Suzuki yang kini juga sudah mulai meniagakan mobil online juga menyatakan punya layanan test drive bagi calon konsumen di rumah.

"Kami siapkan juga sesi home test drive. Jadi mobilnya didisinfektan dulu terus sales kami itu yang sudah dipastikan sehat antar mobilnya ke rumah calon konsumen. Kalau calon konsumen tidak mau di rumah, bisa janjian di tempat lain juga," kata Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra.

Tantri menambahkan konsumen yang berniat mencoba mobil Toyoya sebelum jadi membeli juga dapat memesan sesi test drive di rumah.

"Jadi calon konsumen tinggal request saja pada menu test drive digiroom," kata Tantri. (ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
April 17, 2020 at 04:29PM
https://ift.tt/3cnasv9

Hasil Putar Otak APM Agar Tetap Jualan Mobil Saat Corona - CNN Indonesia
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hasil Putar Otak APM Agar Tetap Jualan Mobil Saat Corona - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.