Search

Transaksi Mobil Online, Solusi saat Pandemi Covid-19 - Suara.com

Suara.com - Penjualan mobil secara online menjadi solusi transaksi kendaraan saat terjadi wabah Coronavirus atau Covid-19. Baik prinsip jaga jarak atau physical distancing serta touchless yang menjadi bagian dari protokol pencegahan penyakit ini pun terpenuhi.

Dikutip dari kantor berita Antara, salah satu tantangan bagi pelaku industri otomotif di tengah Covid-19 adalah cara pemasaran produk kendaraan yang mampu menggugah daya beli pelanggan. Meski situasi pasar serba tidak pasti.

Layanan beli mobil saat COVID-19 di China [Carscoops].
Layanan beli mobil saat COVID-19 di China [Carscoops].

Menurut pengamat otomotif, Yannes Martinus Pasaribu saat dihubungi kantor berita Antara pada Kamis (16/4/2020), salah satu alternatif agar bisa menarik perhatian calon pembeli adalah dengan memanfaatkan layanan penjualan secara online.

"Produsen sudah tidak bisa bikin apa-apa, kecuali bagian lini terakhir seperti distributor, para dealer, sales industri mulai mendekati marketing online, seperti yang dilakukan oleh Elon Musk. Ia menjual produk Tesla secara online tanpa dealer," papar Yannes Martinus Pasaribu.

Lebih lanjut, ia menilai perubahan model penjualan yang mulanya dilakukan secara langsung menuju ke bentuk online dirasa cukup efektif untuk menggugah keinginan calon pembeli.

"Dengan kasus Covid-19 ini, semua yang dilakukan secara online kurvanya naik. Semua orang mencari layanan online yang bisa dipakai dan aman," kata akademisi dari Institut Teknologi Bandung itu.

"Pemasaran secara online bisa menjadi pilihan produsen dan strateginya harus diperkuat, sehingga keinginan calon pembeli memiliki mobil baru terpelihara," lanjutnya.

Yannes Martinus Pasaribu memberikan contoh peluncuran pembuat mobil asal Inggris, Morris Garage MG ZS, yang beberapa waktu lalu dirilis di Indonesia tak lama setelah wabah Covid-19 mulai merebak.

"Contoh sekarang force buyer adalah MG untuk segera menjalani strategi onlinenya, sehingga nanti kalau kondisi ini sudah normal lagi, kendaraannya sudah dibooking dulu sehingga ada ikatan order dari customer ke dealer," ujarnya memberikan gambaran.

Sebagai catatan, beberapa waktu terakhir para pelaku industri otomotif memilih merilis dan memasarkan produknya secara online. Seperti Tesla Incorporation yang membuka dealer virtual di Tmall, platform jual-beli dalam jaringan atau daring terkemuka di China yang dikelola Alibaba Group.

Dengan ruang pamer atau showroom yang ditutup selama pandemi virus corona, Fiat Chrysler dan General Motors juga membuat program yang memungkinkan pelanggan membeli kendaraan secara daring.

Sementara di Tanah Air, program virtual launching juga mulai marak. Seperti Morris Garage, PT Toyota Astra Motor, PT Astra Daihatsu Motor dan Eurokars untuk Mazda.

Catatan dari Redaksi: Jika merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan dan demam, informasi seputar Coronavirus Disease (Covid-19) bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119. Terapkan imbauan tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing, minimal dua meter persegi. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah.

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
April 17, 2020 at 09:57AM
https://ift.tt/3ahDYRA

Transaksi Mobil Online, Solusi saat Pandemi Covid-19 - Suara.com
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Transaksi Mobil Online, Solusi saat Pandemi Covid-19 - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.