Search

Hindari Keracunan Gas Buang, Perhatikan Posisi Mobil saat Dipanaskan - iNews

JAKARTA, iNews.id - Saat ini, sebagian besar warga Jabodetabek tengah menjalani aturan tetap di rumah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai virus corona (Covid-19). Akibatnya, mobil yang biasa digunakan sehari-hari disimpan lama di rumah sehingga harus rutin dipanaskan agar kendaraan tetap prima.

Namun, banyak pemilik kendaraan abai bagaimana memanaskan kendaraan yang baik dan benar sehingga tidak mengganggu kesehatan orang di rumah. Salah satunya posisi mobil saat dipanaskan.

Kepala Bengkel Astra Peugeot Cabang Cilandak, Jakarta Selatan, Rafi'i Sinurat mengatakan, langkah penting saat di rumah mobil harus sering dipanaskan (engine on). Lakukan ini setiap 1-2 hari sekali. Tujuannya agar performa aki (accu/baterai) tetap stabil. Namun, saat memanaskan kendaraan harus memperhatikan faktor kesehatan terkait emisi gas buang.

Jika kendaraan diparkir di dalam garasi tertutup, sebaiknya pintu atau gerbang dibuka. Ini agar polusi udara dari knalpot tidak terjepang di ruangan. Perhatikan pula posisi kendaraan. Apakah gas buang meengarah ke rumah atau tidak ini untuk menghindari orang di rumah keracunan gas buang (CO2).

"Perlu diingat saat memanaskan mesin kendaraan sebaiknya posisi knalpot atau bagian belakang mobil mengarah ke luar pagar atau garasi rumah dengan kondisi pagar atau garasi terbuka langsung menuju udara bebas. Langkah ini dilakukan untuk menghindari asap knalpot terkumpul di udara sekitar rumah tanpa terjadi sirkulasi udara yang baik," kata Rifi'i dalam keterangan tertulis.

Dia menyebutkan saat menghidupkan mesin indikator mobil sudah mencapai titik panas adalah setelah temperatur mesin mencapai 80-90 derajat, di mana cooling fan secara otomatis akan aktif atau berputar. Kipas pendingin radiator ini secara otomatis akan off jika suhu mesin sudah mencapai kondisi ideal kembali. Saat itulah proses pemanasan mesin sudah bisa diselesaikan.

Editor : Dani Dahwilani

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
April 27, 2020 at 07:47AM
https://ift.tt/2Yf3bcK

Hindari Keracunan Gas Buang, Perhatikan Posisi Mobil saat Dipanaskan - iNews
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hindari Keracunan Gas Buang, Perhatikan Posisi Mobil saat Dipanaskan - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.