Search

Panasin Mobil Zaman Now yang Serba Digital, Ini Tipsnya - Detikcom

Jakarta -

Mobil zaman sekarang dibekali komponen elektrikal dengan fitur-fitur digital yang bergantung pada arus listrik aki. Jika bermasalah, tentu akan membuat mobil sulit dihidupkan dan fitur pun tidak akan berfungsi.

Nah, mumpung waktu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), mobil pun jarang dipakai. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan secara mandiri untuk merawat mobil yang serba digital. Berikut ulasannya.

Langkah pertama, menurut Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak, Jakarta Selatan, Rafi'i Sinurat kendaraan harus dipanaskan (engine on) dalam rentang 1-2 hari sekali. Hal ini guna menjaga performa aki (accu/baterai) mobil tetap stabil.

"Dengan memanaskan mesin tiap saat, pemilik kendaraan dapat memantau kondisi kendaraan baik fungsi engine dan fitur-fitur andalannya," ujar dia.

Bahkan, karena kemudahan informasi yang didapat. Pemilik mobil dapat mengetahui kondisi mobil melalui layar informasi di speedometer.

"Semua bisa dipantau cukup mudah dengan melihat kondisi indikator di panel spidometer, tanpa harus membuka kap mesin. Adapun indicator yang bisa dipantau diantaranya temperature mesin, tekanan oli, kualitas Aki, sistem ABS dan lainnya," terang dia lagi.

Lalu dalam kondisi apa mobil berhenti untuk dipanaskan?

Indikatornya adalah saat temperatur kerja mesin mencapai 80-90 derajat, maka cooling fan akan aktif atau berputar. Kemudian kipas pendingin radiator itu juga akan off secara otomatis jika suhu mesin sudah mencapai kondisi ideal kembali. Saat itulah proses pemanasan mesin sudah bisa diselesaikan.

Selanjutnya, pemilik mobil juga bisa mengecek langsung kondisi mesin melalui ruang mesin.

Seperti mengecek volume dan kondisi oli, dapat dilakukan dengan melihat deepstick atau batang pengukur oli. Tak hanya itu, perlu juga mengecek volume air radiator, air wiper, juga minyak rem agar mobil tetap berada pada kondisi yang prima.

Simak Video "Simak Imbauan Polisi terkait Moda Transportasi Jelang PSBB di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
April 27, 2020 at 12:39PM
https://ift.tt/2KEltfy

Panasin Mobil Zaman Now yang Serba Digital, Ini Tipsnya - Detikcom
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Panasin Mobil Zaman Now yang Serba Digital, Ini Tipsnya - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.