Search

Serba Digital, Ingat Mobil Model Sekarang Harus Sering Dipanaskan - iNews

JAKARTA, iNews.id - Imbauan pemerintah bekerja (work from home/WFH) dan sekolah dari rumah dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kendaraan hanya terparkir di garasi. Mobil yang biasa dipakai sehari-hari pun jarang dipakai.

Meski tidak digunakan, pemilik kendaraan harus memperhatikan kondisi mobil dengan perawatan mandiri selama di rumah. Bagaimana merawat mobil model sekarang?

Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak, Jakarta Selatan, Rafi'i Sinurat mengatakan, langkah utama kendaraan harus sering dipanaskan (engine on). Lakukan ini setiap 1-2 hari sekali. Tujuannya agar performa aki (accu/baterai) mobil tetap stabil.

Seperti diketahui, model mobil modern banyak menggunakan komponen elektrikal dengan fitur-fitur digital yang sangat bergantung pada arus listrik. Jika kelistrikan mati fitur-fitur ini tidak akan berfungsi, bahkan mobil sulit dihidupkan.

“Dengan memanaskan mesin setiap waktu, pemilik kendaraan dapat memantau kondisi kendaraan baik fungsi engine dan fitur-fitur andalannya. Semua bisa dipantau cukup mudah dengan melihat kondisi indikator di panel spidometer, tanpa harus membuka kap mesin. Adapun indikator yang bisa dipantau, di antaranya temperature mesin, tekanan oli, kualitas Aki, sistem ABS dan lainnya,” ujarnya, dalam keterangan tertulis kepada iNews.id.

Dia mengungkapkan indikator mobil mencapai titik panas adalah saat temperatur kerja mesin mencapai 80-90 derajat, di mana cooling fan secara otomatis akan aktif atau berputar. Kipas pendingin radiator ini secara otomatis akan off jika suhu mesin sudah mencapai kondisi ideal kembali. Saat itulah proses pemanasan mesin sudah bisa diselesaikan.

"Perlu diingat saat memanaskan mesin kendaraan sebaiknya posisi knalpot atau bagian belakang mobil mengarah ke luar pagar atau garasi rumah dengan kondisi pagar atau garasi terbuka langsung menuju udara bebas. Langkah ini dilakukan untuk menghindari asap knalpot terkumpul di udara sekitar rumah tanpa terjadi sirkulasi udara yang baik," kata Rifi'i.

Selanjutnya, lanjut dia, mengecek langsung kondisi mesin. Periksa volume dan kondisi oli dengan melihat deepstick atau batang pengukur oli. Selain itu, cek volume air radiator, air wiper, serta minyak rem agar mobil tetap berada pada kondisi prima.

Karena mobil kerap berhenti ada baiknya rajin mengecek batas servis berkala melalui buku servis. Untuk servis berkala idealnya adalah per 10.000 km atau 1 tahun. Jika melewati batasan servis, khusus di mobil Peugeot akan terdengar bunyi dan muncul lampu indikator tanda kunci terlihat menyala.

"Itu artinya pemilik mobil harus segera servis perawatan berkala bagi kendaraannya," ujar Rifi'i.

Editor : Dani Dahwilani

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
April 26, 2020 at 06:49AM
https://ift.tt/2YcjeZb

Serba Digital, Ingat Mobil Model Sekarang Harus Sering Dipanaskan - iNews
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Serba Digital, Ingat Mobil Model Sekarang Harus Sering Dipanaskan - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.