Search

Nissan GT-R Jadi Mobil Terkencang Sejak 1969, Ini Sejarahnya - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Jaksa Agung Arminsyah mengalami kecelakaan maut di Tol Jagorawi pada Sabtu, 4 April 2020. Arminsyah diduga mengendarai mobil sport Nissan GT-R R35, salah satu mobil jalan raya terkencang di dunia. Dari bodi mobil yang terbakar diduga Nissan GT-R yang digunakan Arminsyah adalah versi terakhir.

Nissan GT-R adalah salah satu dari deretan mobil kencang di dunia. Bahkan karena dianggap memiliki performa tinggi dan garang di lintasan mobil ini mendapat julukan Godzilla. Mobil ini menggunakan mesin 6-inline dengan twin-turbocharged dan memiliki penggerak 4 roda.

Menjadi salah satu supercar bukan perjalanan pendek pada Nissan GT-R ini. Mobil sport ini telah berusia berusia 50 pada 2019. Selama usia sekitar 5 dekade ini, Nissan memiliki enam model GT-R sejak keluar perdana pada 1969. Berikut perjalanan sejarah dari si Godzilla.

1. Generasi pertama, 1969-1972

Sedan Skyline telah ada sejak tahun 1957, tetapi GT-R melakukan debutnya di Tokyo Motor Show pada musim gugur 1968 dan diluncurkan pada bulan Februari 1969. Jantung dari mobil ini adalah mesin S20 2.0-liter in-line 6 silinder dual-overhead cam, yang menghasilkan 160 tenaga kuda dan torsi 130 pound-feet. GT-R generasi pertama dikenal dengan kode KPGC10 dan membawa julukan "Hakosuka", yang merupakan penggabungan dari kata-kata Jepang untuk box dan skyline. Mobil itu memiliki dimensi panjang 173 inci dengan wheelbase 104 inci, dan beratnya 2.469 pound. Mobil ini bisa menempuh seperempat mil dalam 16,1 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 124 mph. Dalam debut perdana di Grand Prix JAF, langsung menang. Mobil menjadi tersedia sebagai coupe pada tahun 1971. Sebanyak 1.945 unit mobil generasi pertama yang diproduksi.

Nissan Skyline GT-R 1973. Sumber: motorauthority.com

2. Generasi kedua, 1973

Pada generasi kedua ini menggunakan kode KPGC110, yang ditawarkan hanya sebagai coupe pada tahun 1973. Mesin S20 6 silinder sejajar masih menjadi dapur pacu, dan seperti generasi pertama, mengadopsi transmisi 5-percepatan manual. Mobil itu secara tidak resmi dikenal sebagai "Ken & Mary" karena sebuah lagu oleh pasangan muda yang digunakan dalam kampanye iklan. Sayangnya, hanya 197 unit KPGC110 GT-R yang diproduksi karena krisis minyak dan standar emisi yang lebih ketat.

3. Generasi ketiga, 1989-1994

Setelah jeda 16 tahun, Nissan GT-R Skyline kembali, kali ini hadir dengan teknologi yang mengedepankan performa. Mobil yang disebut GT-R R32 menampilkan sistem all-wheel-drive ATTESA baru, kemudi Hicas, dan suspensi multi-link di depan dan belakang. Mesin RB26DETT 2,6 liter turbocharged inline-6-silinder memuntahkan 276 tenaga kuda dan torsi 260 lb-ft. Akselerasi nol hingga 96 km per jam butuh 5,6 detik dan seperempat mil ditempuh dalam waktu 13,9 detik. Jarak sumbu roda turun menjadi 102,9 inci, tetapi panjangnya mencapai 180,9 inci. Versi khusus untuk balap FIA Grup A mengeluarkan sekitar 550 tenaga kuda dan memenangkan perlombaan Spa-Francorchamps pada 24 Januari 1991. Total produksi cukup banyak 43.394 unit.

Nissan Skyline GT-R R32. Sumber: motorauthority.com

4. Generasi keempat, 1995-1998

Generasi keempat menggunakan nama GT-R R33 merupakan evolusi dari R32. Keduanya menggunakan mesin yang sama, tetapi torsi meningkat menjadi 264 lb-ft. Waktu tempuh 96 km per jam turun menjadi 5,0 detik, tetapi pencapaian yang lebih besar adalah 7:59 putaran Nürburgring. Model monster R400 memiliki tenaga 395 daya kuda berkat turbo yang lebih besar dan peningkatan kapasitas menjadi 2,8 liter. Akselerasi dari 0 hingga 96 km per jam dalam empat detik. Diluncurkan pada tahun 1997, hanya 44 unit R400 yang dibuat. Bagi sebagian besar konsumen, model V.Spec adalah pilihan yang lebih sporty, dengan suspensi yang lebih rigid, ketinggian pengendaraan yang lebih rendah, dan diferensial belakang dengan slip terbatas yang aktif. Mobil balap R33 mendapat julukan Godzilla di Australia untuk dominasi mereka dari Ford dan Holden V-8s.

Nissan Skyline GT-R R33. Sumber: motorauthority.com

5. Generasi kelima, 1999-2002

Generasi R34 dari GT-R diuntungkan dari balap dan pengujian yang dilakukan pada dua generasi sebelumnya. Mobil ini memiliki 276 tenaga kuda dan turbo lag berkurang, torsi meningkat, dan manual 6-speed baru menggantikan 5-speed. BOdinya juga lebih rigid, aerodinamisnya ditingkatkan, dan beberapa pemangkasan bobot termasuk penggunaan diffuser belakang serat karbon. Mobil itu juga lebih pendek, seperti bagian depan yang menggantung. GT-R R34 ditampilkan dalam beberapa film "Fast and Furious".

Nissan Skyline GT-R R34. Sumber: motorauthority.com

6. Generasi keenam, 2008 hingga sekarang

Nissan GT-R R35 menjadi tambahan nama gen keenam dengan nama beken Skyline. Mobil ini muncul di Jepang pada Desember 2007. Menggendong mesin baru VR38DETT 3.8-liter twin-turbocharged V-6 yang memuntahkan 480 tenaga kuda dan torsi 430 pound-feet. Sistem kemudi all-wheel Hicas sudah ditinggalkan, begitu pula manual 6-percepatan, digantikan oleh transmisi otomatis 6-percepatan. 

Nissan GT-R 50th Anniversary Edition 2020. (Nissan)

R35 sekarang memasuki tahun model 2020, dan ada paket peringatan 50 tahun khusus untuk menandai tonggak sejarah. Mobil standar menghasilkan 565 tenaga kuda dan model Nismo menghasilkan 600 kuda. Kecepatan tertinggi sekarang 193 mph, dan 0 hingga 60 hanya 3,2 detik. Harga model standar adalah $ 115.235 atau Rp 1,8 miliar dan model Nismo US $ 212.435 atau Rp 3,4 miliar.

MOTORAUTHORITY | NISSAN

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
April 05, 2020 at 10:24AM
https://ift.tt/2RcD2r4

Nissan GT-R Jadi Mobil Terkencang Sejak 1969, Ini Sejarahnya - Tempo
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nissan GT-R Jadi Mobil Terkencang Sejak 1969, Ini Sejarahnya - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.