Search

Mobil Pertama Orang Indonesia Ada di Belanda, Lho Kok Bisa? - Detiknews

Solo -

Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Pakubuwono (PB) X merupakan pemilik mobil pertama di Indonesia. Mobil Benz Victoria Phaeton itu sudah ratusan tahun berada tidak tinggal di Indonesia.

Kerabat Keraton Kasunanan Surakarta, KGPH Puger mengakui ada berbagai versi cerita terkait mobil buatan Jerman yang dimiliki PB X pada 1894 itu. Namun yang dia ketahui, Benz Victoria Phaeton itu terakhir keluar dari keraton untuk diservis ke Eropa.

Karena tidak ada tempat servis di Indonesia, maka mobil dibawa ke Eropa. Karena saat itu terjadi Perang Dunia I (1914-1918), keberadaan mobil menjadi terkatung-katung.

"Jadi itu dibawa ke Eropa untuk servis. Belum selesai diperbaiki, terjadilah Perang Dunia I atau yang disebut keraton sebagai Perang Eropa. Akhirnya mobil terkatung-katung," kata Puger kepada wartawan Selasa (11/2/2020).

Masa beralih ke PB XI, keberadaan mobil semakin tidak jelas. Semakin diperparah pada masa PB XII, Ndalem Kepatihan dibakar oleh massa yang diduga antiswapraja pada 1945.

"Padahal dokumen-dokumen semua ada di Kepatihan. Termasuk dokumen terkait mobil PB X. Kita sudah tidak bisa ngapa-ngapain, kita sudah tidak punya surat-suratnya," katanya.

Simak Video "Replika Mobil Pertama di Dunia Ada Museum Nasional Indonesia"

[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
February 11, 2020 at 12:56PM
https://ift.tt/2HayD2g

Mobil Pertama Orang Indonesia Ada di Belanda, Lho Kok Bisa? - Detiknews
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mobil Pertama Orang Indonesia Ada di Belanda, Lho Kok Bisa? - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.