Search

Trik Setel Sandaran Kepala Mobil yang Benar - Medcom ID

Jakarta: Tahukah Anda headrest yang menempel di jok mobil tidak hanya berfungsi sebagai sandaran kepala saja. Melainkan sebagai pelindung kepala saat terjadi tabrakan yang mengakibatkan benturan keras.
 
Fungsi utama headrest untuk melindungi kepala dari benturan yang bisa mematahkan tulang leher. Ketika terjadi benturan keras, kepala akan terayun ke depan lalu kembali ke belakang. Bila benturannya sangat besar, maka gaya kembali ke belakang ini dapat mengakibatkan tulang leher patah. Tugas headrest adalah meminimalkan kemungkinan buruk itu.
 
Seperti diketahui headrest (head restraint) yang menempel di jok mobil tidak hanya berfungsi sebagai penahan kepala saja. Melainkan sebagai pelindung kepala saat terjadi tabrakan yang mengakibatkan benturan keras.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun agar headrest berfungsi dengan optimal, penyetelannya harus dilakukan dengan benar disesuaikan dengan postur tubuh pengemudi. Umumnya, headrest terdiri dari 2 jenis, yakni headrest adjustable dan headrest fix.
Cara Setel Sandaran Kepala Mobil yang Benar
Untuk headrest model fix, posisinya tidak bisa diasetel. Sementara headrest model adjustable posisinya bisa diatur sesuai kebutuhan. Karena biasanya pabrikan telah mendesainnya sesuai dengan aspek keselamatan.
 
Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi mebeberkan cara penyetelan headrest yang benar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur posisi duduk, pastikan punggung bersandar penuh di sandaran bangku.
 
Kemudian tekan klip pengunci (di sisi besi penyangga) agar headrest bisa dinaik-turunkan. Atur headrest agar mencapai ketinggian yang pas sesuai ketinggian atau postur pengemudi ataupun penumpang. Pastikan bagian tengah headrest sejajar dengan ujung atas telinga.
 
"Jok mobil dengan kelengkapannya seperti hedrest didesain dengan aspek keselamatan. Untuk itu penting mengatur posisi duduk yang benar sebelum berkendara, termasuk menyetel sandaran kepala agar bekerja optimal melindungi keselamatan penumpang," ucap Herry saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.
 

(UDA)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
February 17, 2020 at 08:01AM
https://ift.tt/2HqTGxP

Trik Setel Sandaran Kepala Mobil yang Benar - Medcom ID
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trik Setel Sandaran Kepala Mobil yang Benar - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.