Search

81 Ribu Ortu Penerima KJP di Jakarta Teridentifikasi Miliki Mobil - Detiknews

Jakarta - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI mensurvei data penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) terkait kepemilikan mobil. Disdik menemukan ada 81.000 ribu orang tua penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang tercatat memiliki mobil.

"Nah kemarin dinas pendidikan mencoba melakukan mengolah data untuk mengidentifikasi apakah ada yang teridentifikasi memiliki kendaraan itu sudah dilakukan, tapi bukan serta merta yang terdaftar itu bisa kita potong. Kita tetep lakukan verifikasi lapangan untuk memastikan dari sisi kemampuan ekonominya seperti apa," ujar Plt Kadisdik DKI Saefuloh Hidayat, di gedung DPRD, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2019).

Kendati demikian, Saefuloh mengatakan tidak semua dari total temuannya itu benar memiliki mobil. Dia menyebut sebanyak 60.000 orang sudah melakukan pemblokiran ke samsat.

"Kalau indikasi awal itu ada 81.000 orang tapi kemudian setelah diumumkan seperti itu mereka banyak sekali lebih dari 60.000 orang melakukan pemblokiran, artinya data itu sebenarnya menunjukkan bahwa mobilnya itu bukan mobil miliknya. Mereka ke samsat dan melakukan pemblokiran," katanya.

Sedangkan sisanya, kata Saefuloh, masih menunggu klarifikasi. Disdik juga masih memproses ulang. Jika benar memiliki mobil, maka KJP yang didapat akan diputus.

"Sisanya kami masih menunggu klarifikasi dari masing-masing dan terus dipanggil. Jika memang terbukti bahwa orang ini tidak memenuhi persyaratan untuk menerima KJP maka kemudian akan dilakukan pemutusan, tapi prosesnya harus benar-benar pruden dan membuktikan," ujarnya.

Saefuloh menjelaskan pemantauan ini dilakukan untuk meminimalisasi penyalahgunaan KJP. Dia memastikan anak penerima KJP harus merupakan anak yang berhak atau yang keluarganya tidak mampu secara ekonomi.

"Jadi terkait dengan isu itu sebenarnya yang harus kita pegang adalah kita harus memastikan bahwa anak anak penerima KJP adalah anak-anak yang berhak," katanya.

"Berhak itu apa, nah anak yang kelaurganya tidak mampu, ukuran tidak mampu kan banyak tuh, mulai dari rumah, yang itu biasanya dilakukan survei untuk memastikan," lanjut Saefuloh.

Simak Video "KPAI Yakin Pemprov DKI Takkan Cabut KJP Pelajar Terlibat Demo"

[Gambas:Video 20detik]


(eva/mae)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
December 05, 2019 at 01:38PM
https://ift.tt/2YhuRvK

81 Ribu Ortu Penerima KJP di Jakarta Teridentifikasi Miliki Mobil - Detiknews
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "81 Ribu Ortu Penerima KJP di Jakarta Teridentifikasi Miliki Mobil - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.