Search

Mobil Ini Bisa Digunakan untuk Menonton Gerhana Matahari Cincin - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan asal Swedia, Volvo, membuat inovasi dengan menciptakan kaca khusus yang dapat dipasang pada moonroof (kaca di langit-langit mobil) untuk menonton gerhana matahari, termasuk gerhana matahari cincin, tanpa memerlukan kaca mata pelindung.

Kaca ini terbuat dari material berkualitas tinggi dengan sertifikat ISO 12312-2. Dipasang di atap mobil (moonroof) Volvo XC60 tahun produksi 2018 yang memang dilengkapi dengan moonroof. Ide membuat kaca khusus untuk menonton gerhana matahari ini muncul pada saat gerhana matahari total melintasi sejumlah negara bagian di Amerika Serikat pada 21 Agustus 2017.

Dengan kaca ini, seluruh penumpang Volvo XC60 5 seater itu dapat menyaksikan gerhana matahari secara bersama-sama. Volvo pun memberikan jaminan kepada pengguna untuk tidak khawatir mengalami kebutaan karena menonton gerhana matahari langsung dari moonroof XC60.

Kaca moonroof Volvo XC60 yang dibuat dengan sertifikasi ISO 12312-2 dapat digunakan untuk menonton gerhana matahari langsung tanpa perlu kaca mata pelindung. (Volvo)

Ketika itu, Volvo mendistribusikan kaca ini ke dealer-dealer di negara bagian Amerika Serikat yang dilintasi gerhana matahari total seperti Oregon, Idaho, Nebraska, Missouri, dan Carolina Selatan. Kaca khusus ini disiapkan dengan frame magnetik yang dapat dipasang di atap Volvo XC60.

Dengan sertifikasi ISO 12312-2, kaca pada moonroof XC60 itu juga dapat digunakan untuk menonton gerhana matahari cincin yang melintasi sejumlah wilayah di Indonesia, Kamis, 26 Desember 2019.

Volvo mengklaim, kaca khusus ini juga bisa digunakan untuk menonton gerhana matahari total yang diperkirakan terjadi pada tahun 2024.

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
December 26, 2019 at 09:13AM
https://ift.tt/2ZmEWrI

Mobil Ini Bisa Digunakan untuk Menonton Gerhana Matahari Cincin - Tempo
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mobil Ini Bisa Digunakan untuk Menonton Gerhana Matahari Cincin - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.