Search

Daftar Mobil Mewah Selundupan yang Dibekuk di Tanjung Priok - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan kendaraan yang diselundupkan melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara merupakan mobil dan sepeda motor. Kendaraan itu didatangkan langsung oleh perusahaan lokal yang bergerak di bidang otomotif.

Pantauan CNNIndonesia.com tidak semua mobil datang dalam bentuk utuh, melainkan ada juga yang dikirim dengan komponen-komponen terpisah. Mobil dan motor itu didatangkan dari sejumlah negara melalui kapal menggunakan kontainer.

"Ada yang baru dan bekas, tapi komposisinya saya tidak hapal," kata Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Heru Pambudi di Tanjung Priok, Selasa (17/12).

Bea dan Cukai Kemenkeu diketahui baru saja merilis penemuan puluhan kendaraan mewah yang dinilai barang selundupan. Operasi ini melibatkan Mabes Polri, TNI, dan Kejaksaan Agung.

Catatan Kementerian Keuangan, mobil yang gagal diselundupkan di antaranya Porsche GT3RS, Alfa Romeo, Mercedez Benz, BMW tipe CI330 model GH-AU30, BMW tipe CI330 Series E46, Jeep TJ MPV, Toyota Supra, Jimny, delapan rangka motor, delapan mesin motor, dan motor Honda Motocompo.

Selain itu adapula Ferrari Dino 308 GT4, Porsche Carrera 2, BMW Motorrad R1150, Citroen DS ID 19, Porsche Carrera, Harley Davidson FLST N, BMW Motorrad NITE T, dan tiga mesin Volkswagen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan modus selundupan kendaraan ini impor batu bata. Di dalam dokumen impor barang-barang ini diberitahukan sebagai batu bara, suku cadang mobil, aksesori, dan perkakas.

Daftar Mobil dan Motor Selundupan yang Dibekuk Tanjung PriokKementerian Keuangan bersama dengan Kepolisian Republik Indonesia, TNI, dan Kejaksaan Agung menggagalkan penyelundupan puluhan mobil dan motor mewah ke Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (17/12). (CNN Indonesia/Ulfa Arieza)

[Gambas:Video CNN]
Sri menyampaikan mobil mewah yang diamankan jumlahnya 19 unit, sedangkan 35 unit lainnya berupa motor, mesin, serta rangka. Sri menambahkan itu merupakan tangkapan pemerintah periode 2016-2019.

"Perkiraan total nilai barang mencapai kurang lebih Rp21 miliar dan potensi kerugian negara mencapai kurang lebih Rp48 miliar," ucap Sri Mulyani.

Sri melanjutkan saat ini status kendaraan yang diamankan merupakan rampasan negara. Tidak menutup kemungkinan setelah kasus selesai kendaraan tersebut bakal masuk proses lelang negara. (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
December 17, 2019 at 09:10PM
https://ift.tt/2rY8f7H

Daftar Mobil Mewah Selundupan yang Dibekuk di Tanjung Priok - CNN Indonesia
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daftar Mobil Mewah Selundupan yang Dibekuk di Tanjung Priok - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.