Search

Banyak Mobil Berpelat Malaysia di Perbatasan Kalimantan - Detikcom

Jakarta - Lalu lalang mobil dobel gardan menjadi pemandangan biasa di Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Tak ada mobil sejuta umat yang selalu ramai di kota-kota besar. Di perbatasan Indonesia dengan Malaysia, hanya ada mobil dobel gardan atau motor yang bannya dimodifikasi agar bisa berjalan di tanah yang becek.

Uniknya, semua mobil di kecamatan ujung utara Kalimantan ini berpelat nomor Malaysia. Mobil ini dibeli langsung dari Malaysia dengan menumpang nama kerabat yang tinggal di negeri Jiran.

"Mobil beli di Malaysia 60.000 ringgit. Surat pakai orang di sana," kata Markus Titusn warga Krayan di Long Midang, Nunukan, Selasa (17/12/2019). Long Midang adalah desa yang langsung berbatasan dengan Malaysia.
Mobil Berpelat Malaysia di Perbatasan KalimantanMobil Berpelat Malaysia di Perbatasan Kalimantan Foto: Ardan Adhi Candra

Membeli mobil dari Malaysia menjadi satu-satunya jalan bagi warga perbatasan untuk memiliki kendaraan selain motor yang bisa didatangkan dari Tarakan atau Malinau menggunakan pesawat. Memiliki mobil menjadi kebutuhan penting warga Krayan untuk mendukung aktivitas sehari-harinya karena tidak ada transportasi umum di sini.

Arti mobil bagi warga perbatasan juga sebagai sarana untuk mengangkut kebutuhan sehari-hari mereka yang didatangkan dari Malaysia. Kebutuhan pokok Krayan hampir sepenuhnya didatangkan dari Malaysia.

Warga Long Bawan, Krayan, yang akrab disapa Agung mengatakan harga mobil yang dibeli dari Malaysia bahkan ada yang setara motor. Ia mencontohkan mobil yang terparkir di depan rumahnya sekitar Rp 30 juta. Bahkan ada juga orang Malaysia yang langsung datang ke Krayan menawarkan mobil.

"Kalau mobil kaya gini sama seperti motor, Rp 30 juta," ujar Agung sambil menunjuk mobil sedan.

Simak Video "Detik-detik Mobil Grand Livina Terbakar di Tanjakan Jahim Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/lth)

Let's block ads! (Why?)



"mobil" - Google Berita
December 18, 2019 at 12:32PM
https://ift.tt/2rXBs2K

Banyak Mobil Berpelat Malaysia di Perbatasan Kalimantan - Detikcom
"mobil" - Google Berita
https://ift.tt/2ntcvK9

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Banyak Mobil Berpelat Malaysia di Perbatasan Kalimantan - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.